Selasa, 23 Juli 2013

Menghitung Kapasitas Septic Tank Sesuai Kebutuhan Di Rumah


Septic Tank adalah sistem sanitasi pada rumah tinggal yang terdiri atas pipa saluran dari closet, bak penampungan kotoran cair dan padat, bak resapan, serta pipa pelepasan air bersih dan pipa udara. Adanya septic tank pada sebuah rumah tinggal menjadi hal yang sangat penting. Fungsi utama septic tank yaitu manjadi tempat pembuangan akhir dari closet.

Dalam merencanakan kapasitas septic tank haruslah tepat. Jangan sampai septic tank yang kita buat dalam waktu dekat sudah penuh dan tidak bisa menampung lagi air kotor dari rumah kita. Dalam Menentukan besarnya bak pembusuk atau septic tank, langkah yang perlu diperhatikan adalah :
  1. Bangunan gedungnya berupa apa, misal sekolah, rumah, apartemen, hotel, mall, dll.
  2. Jumlah orang yang akan menempati bangunan tersebut, atau jumlah kamar untuk hotel / apartemen, jumlah tempat tidur untuk rumah sakit, dan sebagainya.
  3. Menghitung luas lahan yang akan digunakan.
Pada kesempatan ini akan kami ulas cara menghitung secara sederhana kapasitas septic tank agar sesuai dengan kebutuhan kita. Contohnya seperti di bawah ini.

Bapak. A memutuskan ingin membangun rumah, jumlah anaknya ada 4 orang, berikut istri dan beliau jadi total berjumlah 6 orang.

Sesuai dengan standar pemerintah bahwa besaran air limbah untuk rumah tinggal adalah : 120 liter / orang / hari

Jadi cara hitungnya adalah : 6 x 120 x 2 hari = 1440 liter

Keterangan :
6 adalah jumlah orang di rumah tersebut
120 adalah standar pemerintah mengenai limbah buangan
2 adalah lamanya pengendapan di dalam septic tank, semakin lama semakin baik

Demikian sedikit uraian tentang cara menghitung kapasitas septic tank, selamat mencoba menghitung kapasitas septic tank di rumah anda masing-masing.


2 komentar:

  1. 2 itu dalam satuan apa ya . Apakah 2 Hari atau 2 jam ? kemudian kalau ada tamu apa ngak dihitung kebutuhan tambahannya ? Kemudian berapa lama perkiraan penuh tangki septi tesebut jika volumenya 1440 Liter ?

    BalasHapus
  2. Kalau untuk masjid dengan ukuran bangunan 10m x 10m kira-kira septictanknya berapa kali berapa ya?

    BalasHapus